Senin, 27 April 2015

Bengkulu


 Pakaian Pria tradisional Bengkulu

Pria pakaian adat terdiri dari pakaian, sarung tangan, celana panjang, sepatu dilengkapi dengan tutup kepala dan keris. Mantel dari kain kualitas seperti wol dan sejenisnya, dan biasanya gelap seperti biru hitam atau gelap. Demikian pula, untuk celana yang terbuat dari bahan-bahan dan warna yang sama.


Versi lain dari gugatan itu adalah semacam jaket tertutup beludru hitam, merah gelap atau bertabur biru tua dengan motif bordir atau piring emas. Pada bentuk tergantung dada penutup lidah, ornamen mirip ikat dengan benang emas. Paduan celana terbuat dari beludru dengan taburan gaya, ½ nuansa benang emas juga meskipun tidak selalu dalam warna yang sama dengan jaket.


Sarung dipakai sebagai samping bawah jaket untuk sedikit di atas lutut. Side biasanya dibuat dalam teknik emas atau benang perak songket dan disebut mode segantung gloves.Most pelengkap dari deru kepala memakai songket dari emas atau perak, alas kaki beludru dengan motif emas, pisau belati dan gelang emas di sebelah kanannya tangan.


Pakaian tradisional Perempuan Bengkulu

Mengenakan Pakaian perempuan adat bengkulu kurung baju lengan panjang, motif bertabur, emas bordir berbentuk piring bulat seperti koin. Bahan kurung umumnya gaun beludru dalam warna merah gelap, biru tua, ungu atau hitam. Songket sarung emas atau benang perak dalam pencocokan warna sutra adalah perangkat dikenakan pakaian dari pinggang ke pergelangan kaki.
Sehelai sutra satin bordir hem emas, di dada diselempang mundur kembali membentuk huruf V. Perhiasan emas disematkan sebagai mengedit-edit kepala bun, bersama-sama dengan anting ukiran dari emas, yang sebenarnya merupakan kelanjutan dari kepala bunga goyang dengan cara yang seolah-olah cuping telinga tergantung sisi, dikombinasikan dengan jepit rambut, balon cokonde, dan jumbai kiri dan kanan.
Di dada di atas ujung menggantung ukiran gelamor, multi-lapisan dalam jumlah besar, menurun ke daerah pinggang dikelilingi oleh berurutan tertunda terbuat dari emas. Pergelangan tangan dan jari-jari berputar dengan mandering dan cincin berlian. Sepatu memakai sandal bersulam emas.


Source
http://rejang-lebong.blogspot.com/2011/01/pakaian-adat-pengantin-bengkulu.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar