Selasa, 28 April 2015

Jakarta.

Pakaian tradisional Betawi terdiri dari beberapa jenis, baik untuk pria dan wanita. Orang Betawi kustom pakaian serta pakaian adat yang berlaku di provinsi lain, dipengaruhi oleh budaya atau adat lainnya. Pengaruh ini dapat dilihat dari pakaian tradisional Betawi untuk dipakai sehari-hari dan pakaian pengantin.

Pakaian Sehari -hari Pria Betawi

Pakaian adat Betawi yang digunakan oleh orang-orang Betawi terdiri dari:
  •  Koko (sadariah). Koko dikenakan disebut sadariah. Bentuknya sama dengan koko pada umumnya, biasanya hanya warna solid.
  • Celana batik. Celana batik dipakai celana pendek batik panjang. Dengan warna-warna yang tidak terlalu ramai, biasanya putih, coklat, dan hitam di motifnya.
  • Perekat kain. Kain perekat berbentuk seperti syal yang ditempatkan di samping bahu atau tersampir di leher.
  • PeciCap yang digunakan umumnya beludru hitam yang menjadi ciri khas orang Betawi.
Pakaian Sehari- hari Wanita Betawi

Bagi wanita pakaian adat Betawi yang digunakan sehari-hari terdiri dari:

     Kurung kemeja lengan pendek. Pakaian yang dikenakan kurung memiliki lengan pendek, sering ditambahkan saku di bagian depan dengan warna mencolok.
      Batik sarung. Batik sarung wanita sering memakai Betawi biasanya bermotif geometri dengan warna-warna cerah untuk mencampur dan mencocokkan dengan pakaian kurung digunakan.
     Kerudung. Kerudung digunakan yang dipakai di jilbab wanita Betawi. Warna yang cocok dengan pakaian mereka memakai kawat gigi.




 

Pakaian pengantin Pria Betawi

 
Gaun pengantin Betawi dipengaruhi oleh berbagai adat, di antaranya adalah adat Arab, Cina, Melayu dan Western.Betawi pakaian tradisional yang digunakan untuk pernikahan tradisional laki-laki Betawi disebut Gaun perawatan haji. Pakaian pengantin pria termasuk jubah dan tutup kepala.
Jubah terbuat dari beludru berwarna cerah. Jubah yang terbuat dari kain putih lembut. Sementara tutup kepala terbuat dari sorban yang disebut Alpie. Sebagai pelengkap digunakan syal bermotif dengan benang emas atau manik-manik warna-warna cerah. Agar lebih harmonis, pengantin pria pernikahan Betawi penggunaan tradisional sepatu.Pakaian Pengantin Wanita

 
Pengantin dalam pakaian pengantin tradisional menggunakan tradisional yang disebut Betawi-Betawi besar Rias tidak peduli perhiasan pengantin chinaThe pakaian usang bergaya Cina blus satin dengan berwarna cerah. Bawahan menggunakan disebut rok Kun atau gelap Model mermaid berwarna. Warna yang sering digunakan hati hitam atau merah.
Sebagai pelengkap kepala digunakan kembang api hong goyang dengan motif burung dengan bun palsu, dilengkapi dengan kerudung di wajah. Pada bun dihiasi dengan bunga melati juga membentuk roonje dan sisir. Perhiasan lain yang digunakan adalah kalung lebar, gelang listring, dan manik-manik teratai hiasan dikenakan di dada, dan sandal dengan perahu model yang sebagai alas kaki.


source:

https://ajigunawan.wordpress.com/2013/02/09/pakaian-adat-betawi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar